Teknologi Digital Printing
Anda mungkin tidak sadar bahwa anda selama ini sudah sangat akrab dengan digital printing. Sehari-hari saat anda berada dikantor dan dirumah anda selalu menggunakannya. Cetak digital adalah semua teknologi reproduksi yang menerima data elektronik dan menggunakan titik (dot) untuk replikasi. Semua mesin cetak yang memanfaatkan komputer sebagai sumber data dan proses cetak memanfaat prinsip titik; dimana gambar atau image pada material (kertas, plastik, tekstil dll) tersusun dari kumpulan titik-titik.


Definisi printer, copier, press.
Berdasarkan mesin cetak aplikasi yang ada, maka cetak digital secara garis besar digolongkan menjadi 3, yaitu;

(1) Printer - seperti; printer untuk Personal Computer (PC). Printer adalah semua teknologi,mesin cetak yang membuat gambar atau image pada kertas yang diambil dari data/file komputer; menghasilkan turunan cetak pertama atau cetak asli dimana setiap cetakan bisa unik atau berubah. Ciri ini memberi kemampuan personalisasi bahan cetakan. Semua dokumen bisa menjadi individual. Teknologi tinta yang dipakai bisa inkjet, wax-transfer dan toner.

(2) Copier - seperti; mesin fotokopi yang dilengkapi dengan scanner. Contoh copier atau mesin fotokopi, adalah alat scanner yang dapat menghasilkan cetakan turunan kedua dengan cara mesin fotokopi menggandakan cetakan turunan pertama. Tinta yang umum dipakai adalah toner, menggunakan teknologi elektrofotografi.

(3) Press - seperti; mesin cetak offset. Press atau mesin cetak press, sama artinya dengan sistim mekanis yang mengandalkan penghantar (carrier) image untuk mereplikasi atau menggandakan suatu gambar yang sama ke material (kertas) cetak secara berulang dan terus menerus. Secara umum ditemukan pada alat cetak offset lithografi, yang memungkinkan melakukan pencetakan dalam ukuran kertas dan jumlah besar..

Dari ke tiga kelompok tersebut berkembang mesin campuran, antara lain;
1. Printer Press. Mesin ini sering disebut sebagai alat cetak printer (dokumen turunan pertama) yang mempunyai kualitas tinggi baik hitam putih atau warna. Kecepatan mesin printer mencapai 50 lembar per menit atau lebih, yang dilengkapi dengan belt untuk mempercepat “delivery” dan menahan kertas dengan efek elektrik statik. Belt menggantikan fungsi roller yang sering menimbulkan masalah jamming untuk kecepatan tinggi. Alat printer ini memungkinkan membuat image yang dinamis pada photoconductor belt atau drum untuk setiap 50 lembar cetakan. Tak jarang alat printer ini dilengkapi dengan fasilitas penjilidan dan finishing.

2. Press Printer, alat mesin cetak offset press dengan proses pembuatan penghantar image langsung diatas mesin offset - tanpa proses prepress diluar mesin cetak, yang ditambahkan dengan alat cetak printer pada bagian akhir untuk memberikan informasi yang dinamis / berubah. Biasanya alat cetak printer tambahan ini menggunakan teknologi tinta inkjet.

3. Scanner Printer. Alat cetak printer yang dilengkapi dengan peralatan scanner. Mesin cetak ini dilengkapi jaringan yang berhubungan dengan RIP, raster image processor, memungkinkan untuk melakukan modifikasi image hasil dari scanning. Jenis informasi adalah dokumen turunan pertama.

Namun, ada juga hal yang harus diperhatikan mengenai perkembangan teknologi perlatan digital printing yang sangat dipengaruhi oleh penggunaaan material tinta, antara lain:- Tinta- Toner- Inkjet- Lain-lain
Perkembangan teknologi di atas sangat mempengaruhi kualitas cetak, kertas dan ukuran sekaligus mempengaruhi segmen pasar cetak yang ada.
Kelebihan dan Kekurangan digital printing
Kehadiran teknologi digital printing telah memberikan revolusi besar dalam dunia percetakan. Teknologi cetak digital memberikan berbagai kemudahan yang awalnya tidak dikenal dalam proses cetak konvensional. Mulai dari jumlah cetak sampai ukuran cetak yang fantastis membuat teknologi digital mendapatkan tempat tersendiri dalam dunia cetak.
Tekhnologi ini mengemban tugas yang sama dengan mesin offset pada umumnya yaitu mencetak gambar atau photo ke berbagai jenis media. Media cetak digital printing begitu beragam mulai dari kertas sampai dengan PVC, hal ini yang sedikit sulit ditemui dalam proses cetak konvensional. Selain itu, dalam teknologi digital printing tidak dikenal pembuatan film dan plat yang membuat proses cetak digital menjadi lebih cepat dan dalam sekali jalan dapat mencetak berbagai jenis design.
Urusan cetak mencetak kadang memang menyusahkan, apalagi jika menggunakan printer atau program yang baru. Padahal sebenarnya ada satu guideline yang dapat dijadikan patokan, yang akan memudahkan Anda dalam mencetak dengan printer atau kertas apapun.
Dalam mencetak, seseorang akan selalu dihadapkan pada berbagai macam pilihan. Mulai dari pilihan hasil gambar, mesin cetaknya, tintanya, sampai pada kertas yang akan digunakan. Variasi atribut mencetak ini sangat beragam. Mulai menggunakan sistem konvensional sampai dengan mencetak secara digital.
Proses untuk masing-masing sistem juga berbeda, begitu pula hasil akhirnya, sehingga untuk mencetak pertimbangan harus dilakukan dengan masak. Sebab jika salah menggunakan peralatan atau sistem yang tepat, maka cetakan yang akan dihasilkan tidak akan sesuai dengan keinginan.
Apa saja yang harus menjadi bahan pertimbangan? Banyak sekali. Dari mulai unsur gambar, sumber gambar, warna, sampai pada media cetaknya juga sangat mempengaruhi dan harus dipertimbangkan dari awal. Namun ada satu hal yang harus jauh kali pertama dipertimbangkan, yaitu tujuan dari hasil cetakan. Apakah untuk digunakan sebagai bagian dari media (majalah atau koran), bagian dari promosi, atau hanya sekadar menjadi milik pribadi. Setelah Anda tahu tujuannya, jika pertanyaan ini sudah terjawab, maka Anda dapat lebih mudah memilih atribut selanjutnya.
Mengapa harus tujuannya terlebih dahulu? Sebab dari mengetahui tujuannya, Anda akan lebih mudah mengarahkan hal lainnya. Misalnya saja jika gambar yang Anda buat akan digunakan untuk billboard, maka sudah pasti Anda memang khusus menggunakan mesin printer yang memang digunakan untuk mencetak gambar outdoor. Sebab biar bagaimanapun, mesin cetak (termasuk tintanya) yang digunakan untuk mencetak keperluan outdoor dan indoor berbeda. Di mana bedanya? Akan dibahas lebih lanjut lagi nanti. Begitu pula jika hanya ingin sekadar mencetak bahan makalah. Maka Anda tidak perlu memikirkan berbagai macam jenis kertas dan printer. Cukup sempitkan pilihan Anda pada pencetakan digital yang paling sederhana dan hemat.
Sudah mengetahui untuk apa gambar Anda nantinya? Jika sudah tahu, maka kini saatnya Anda menentukan perangkat lainnya.
Printer laser biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan untuk mencetak dokumen hitam putih. Printer laser memang sangat efisien dalam mencetak hitam putih. Karena di samping sangat cepat, kapasitas warnanya lebih banyak dibandingkan dengan printer indoor lainnya. Sebenarnya printer laser juga ada yang tersedia untuk mencetak dokumen berwarna atau bergambar. Namun di samping ukuran kertasnya yang terbatas, harganya pun sangat mahal. Printer laser menggunakan serbuk sebagai sumber warnanya. Berbeda dengan inkjet/deskjet yang menggunakan tinta sebagai sumber warnanya.
Satu lagi yang dapat dijadikan alternatif dalam memilih printer adalah kemampuannya untuk melakukan direct printing dari kamera. Pada awalnya, direct printing diperkenalkan hanya mampu dilakukan antarsesama merk saja. Namun belakangan, direct printing dapat dilakukan oleh kamera dan printer yang berbeda merk. Selama mereka menggunakan interface yang sama. Saat ini sudah ada standardisasi interface untuk direct printing yang dikenal dengan sebutan pitch bridge. Dengan pitch bridge, semua printer dan kamera dapat langsung berkomunikasi tanpa harus menyamakan merknya terlebih dahulu.

ALAT-ALAT YANG DI GUNAKAN DALAM DIGITAL PRINTING:


Monitor/DisplayMonitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Lcd Screen
Salah satu kecenderungan yang berkembang di-industri monitor adalah penggunaan layar datar (flat-screen) baik untuk monitor berbasis CRT (Cathode Ray Tube) ataupun yang berbasis LCD (Liquid Cristal Display). Dibanding monitor CRT, tampilan LCD menjadi lebih nyaman, tidak ada distorsi dan gambar menjadi lebih jelas

Printer inkjet
Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik peng-operasiannya.

Laser Jet Printer
Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.


Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.


Printer Digital
Beberapa waktu yang lalu, keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Disamping itu, mutu dan kualitas gambar hasil cetak foto dari printer ink-jet, ternyata tidak maksimal.

Solusi dari permasalahan dalam printer:
1.Refill sendiri : bocor gak pas catridge malah rusak2.Infus Printer ...nah khusus yang ini kami sampikan hal berikut :





1.Fungsi tinta infus adalah untuk memenuhi kriteria mencetak/print dalam kondisi rutin dan banyak.

2.Dengan tinta infus memang dapat menekan cost atas pembelian cartridge original.
Pada printer merk tertentu, akan mengalami penyumbatan pada head printer jika tidak dipakai dalam jangka lama. Jika jarang dipakai, maka fungsi tinta infus mubazir, malah membuat masalah baru pada head printer.3.Setiap menghidupkan printer, secara otomatis printer akan menarik/mengeluarkan tinta ke wastepad yg terdapat dalam printer. Tanpa dipakai buat print, jika printer kerjanya dimatikan dan dihidupkan terus menerus, lama kelamaan tintanya juga habis4.Pada pemakai tinta infus, biasanya dibuatkan jalur pembuangan tinta buangan di luar body printer, tentunya harus membuka body printer dan otomatis garansi hangus.5.Dalam jangka waktu yang lama, kondisi parts yang akan duluan mengalami masalah adalah selang infusnya, karena unsur campuran kimia tinta ditambah dengan kondisi udara, selang infus bisa mengalami kaku/retak sehingga terjadi kebocoran diluar atau didalam printer. Syukur2 kebocoran tidak di dalam printer, kalo iya bisa saja kena mainboardnya shg terjadi koslet.PRINTER Golongan seri rendah seperti Canon ip 1200.1600 dst tidak dirancang untuk infus jika ada yang melakukan pastinya ada pemaksaan dengan pengeboran di catridgenya.JIka anda kurang paham perawatan Printer infus bukannya menjadi solusi malahan akan banyak trouble yang terjadi. Khusus printer golongan ini Refill adalah sebuah solusi yang tepat dan hemat bagi anda.

Apa Sih hasil Dari Digital Printing ??
1.Foto MIX : kumpulan foto yang yang disusun dalam 1 lembar lebih cool dan lebih iritbagi konsumen.
2.Foto Komic : Yap foto yang anda rangkai seperi layaknya komik.Anda bisa membuatJalan cerita dengan memberikan kata via balloon words dan design frame yang berbedatiap fotonya.
3.Foto Funncy : Foto dengan ragam frame,manipulasi dan border yang bikin matching.Simpelnya seperti hasil foto di fotobox.


4. Kartu nama Full colour : Tentunya dengan design dan hasil lebih matching dan fullcolour.5. ID CARDS Barcode sistem : Nah ini dia beda kita sama yang lain.JIka ditempat lainada memang paket ID cards yang dijual terpisah dengan harga 1,7 juta minus printingITUPUN tanpa diajarkan tehnik ini.Disini anda kami ajarkan semuanya.

6. Undangan,Kalender , Brosur , Banner , CD , Pembatas buku dll
Dll.masih banyak deh……
~THE END~