Fenomena “Kota Jakarta”

Sore ini, gua duduk depan komputer ditemenin sama kopi, berusaha ngebuat otak gua yang pas-pasan melahirkan karyanya lagi, yang terbilang konyol.
Gua nulis judul ini, karena gua ngeliat banyak banget perubahan dari kota Jakarta, tempat kelahiran gua. Gua ngerasain perubahan ini, karena kemaren gua baru aja dari Jakarta, yang di bilang kota metropolitan ini.
Gua banyak banget ngeliat perubahan dari kota halaman gua ini (kebalikan dari kampung halaman, karena gua rasa Jakarta adalah sebuah kota bukan “Kampung!”). Dulu banget waktu SD, gua kenal Jakarta itu adem (kayak Bandung sekarang), tiap pagi mau berangkat sekolah, gua ngerasa kedinginan karena harus naek angkot yang rata-rata speednya 60km/jam (udah serasa naek Roller Coaster Jet).
          ‘Bang, bisa pelan sedikit gak sih?’ kata nyokap gua sambil megangin gua.
          ‘Yah, bu. Saya lagi kejar setoran nih!’ jawab sopir angkot.
        ‘YA! Tapi, pelan dikit dong, ini kan Rame, ntar kalo jatoh gimana?’ jawaban nyokap gua makin kenceng.
          Dan seketika itu mulai terdengar suara-suara aneh,
’Ya betul-betul, pelanin dikit dong bang!’
Yang gua tahu kalo itu adalah suara dari penumpang yang bernasib sama kayak gua dan nyokap gua.
‘Iya, saya pelanin. Lagian juga macet Bu!’ jawab sopir angkot dengan tenangnya.
Dari SD kelas satu sampe SD kelas 3, gua dianter nyokap gua buat berangkat sekolah. Gua jadi inget, waktu telat berangkat sekolah, nyokap gua megangin tangan gua, tangan kakak gua sama tangan adek gua, kayak nenteng belanjaan dari pasar,’buru-buru banget!’ kata nyokap gua sih,’Ntar gak enak kalo telat sama ibu gurunya?’ belakangan, gua tahu kalo nyokap gua ngomong gitu, karena nyokap gua ternyata arisan sama ibu guru gua (dalam rangka menyejahterakan kehidupan ekonomi bersama, kayaknya).
Mulai kelas 4 SD gua dianter Bokap pake mobil, dan hal ini berlangsung kurang lebih 2 tahunan. Dan singkatnya, pas mau naik kelas 6 SD gua berangkat sendiri dari rumah ke sekolahan gua yang jaraknya bisa 80kilometer lebih. Tentu saja naek angkot yang  speednya diatas 60km/jam, karena udah sering jadi gua ngerasa nyantai aja naek tuh Roller Coaster.
Sekarang Jakarta berubah Man, yang tadinya gak ada gedung-gedung gede, sekarang ada. Yang tadinya gak ada jalan layang  SUPER GEDE, sekarang ada. Hal ini yang ngebuat gua bingung dengan aliran jalan di Jakarta. Dulu, kalo gua mau berangkat sekolah gua tinggal naek 2 angkot aja, tapi pas gua muter-muter Jakarta kemaren, itu mulai beda. Tadinya, tuh jalanan angkot kecil, tahu-tahu ada jalan layang diatasnya. ‘Bingung Gua!’
Orang-orang di Jakarta, juga keliatan beda sekarang. Sekarang orang di Jakarta udah kayak orang-orang di Newyork yang punya rush hour (bukannya film Jackie Chan lho, tapi Jam sibuk). Pagi-pagi, orang udah lalu-lalang lari-larian buat nyampe kantor dan kerja. Beda banget sama Jakarta tempo dulu, orang Jakarta gak ada yang sesibuk itu. “Luar biasa!”
Karena gua ke Jakarta pengen nganterin naskah buku, tepatnya di daerah Jakarta selatan, gua gak sengaja mampir ke Ragunan (disini bukannya gua pengen ngeliat sodara gua, tapi gua terdampar disini abis naek busway). Ragunan, yang dulu gua sering banget kesana bareng nyokap, udah berubah banget, tadinya gak ada shelter busway, sekarang ada. Hal sekecil ini pun bikin gua bingung dengan jalanan di kota Jakarta. Padahal dulu gua inget banget kalo mau ke Ragunan dari rumah nenek gua cuman naek satu angkot (tapi, kayaknya jalur angkotnya juga udah berubah!). ‘SIAL!’
Selain orang Jakarta yang kepalang sibuk ngejar Job disana-sini, polusi kota Jakarta juga semakin banyak dimana-mana, makanya gua baru liat dari sini kalo orang Jakarta mulai banyak yang make cadar (Masker), yang kegunaannya, So pasti untuk terhindar dari polusi dan udara yang kurang bagus di Jakarta.
Banyak sih, perubahan dan fenomena aneh di Jakarta, semenjak gua tinggalin tuh kota selama 9tahun lebih. Tapi, ya gua gak bisa ceritain dari sini, bakal kebanyakan soalnya.