Uler ber_BISA vs Ulet ber_BULU

‘Kalian tahu kan ?’ baru-baru ini Indonesia sempat di guncangkan dengan adanya fenomena “Alay” dari Ulet ber_musim di daerah Jateng dan sekitarnya. Sempat sih, terbesit dari benak gua untuk memusnahkan semua Ulet-Ulet itu (dengan gaya “Pahlawan Bertopeng”), tapi anehnya gua malah ketakutan dan geli duluan waktu ngeliat tayangan Reportase di TV, seakan-akan mendadak geli bulu romaku (Eits, ini mah liriknya SM*SH!).
Kadang-kadang gua mikir, apa ya bedanya Ulet sama Uler ? (dan si Feby tiba-tiba masuk dalam pikiran gua, trus bilang,’Yaa bedanya di ber Zor!’) betul juga kata Feby, kalo Uler ber_Bisa ya Ulet ber_Bulu (Tapi, kok si Feby bisa masuk dalam pikiran gua yak?!).
Indonesia emang paling nomer satu kalo masalah fenomena aneh sama keunikan, Secara… indonesia negara kepulauan, makanya banyak hal unik dan aneh terjadi di negara yang udah gua tempatin selama 22tahun ini (Yah, ketahuan deh umur gua). Katanya orang Afrika sana, Uler itu dianggap dewa pada zaman dahulu, karena kesaktiannya dalam mengeluarkan “Bisa” kali ya. Makanya gak aneh waktu zaman Nabi Musa, dia di kasih mukjizat bisa ngerubah tongkatnya jd sebatang Uler (Ups! Seekor Uler maksud gua).
Ngomong-ngomong tentang Uler, kayaknya gua satu-satunya manusia di muka bumi yang belum pernah liat Uler secara Live (kayak pertandingan bola aja), tapi emang bener chuy, gua belum pernah liat Uler langsung pake mata kepala gua sendiri tapi pake mata kepala orang lain (maksudnya Cameramen!), jujur gua baru liat Uler dari Tipi-tipi doang, sebagian temen gua sih bilang gua katro atau segala macem lah. Tapi, menurut gua, gua termasuk anak rumahan kale ya, hmm.. semua gara-gara gua blum pernah liat Uler (is it make sense?!) sedangkan gua pikir temen gua itu biasa maen di hutan kale yaa, abis sering liat Uler!,’Bakalan nyaingin Tarzan nih temen gua!’
Uler biasa di bilang “ber_Bisa” padahal sampe sekarang gua belum tahu tuh bisanya Uler itu apah ?! apa bener Uler bisa “Tari Perut” ? gak tahu juga sih. Mungkin “bisa” nya bukan di situ kali yaa. Bisanya itu ada di racun dalem mulutnya Guys, jadi kalo misalkan dia di serang musuh ato manusia jahil, si Uler bakalan ngeluarin sejenis ludah (itu racunnya!) untuk melumpuhkan musuhnya, kalo musuh udah lumpuh tinggal di belit deh pake tubuhnya, terus di taro diatas penggorengan, di ‘toasted’ gitu jadi deh “Kroket!” (Ups, ini malah bahas makanan).
“Gimana dengan Lawannya si Ulet ?” Yak, yang satu ini emang bukan tandingannya si Uler. Secara, dari ukuran tubuh and ability, Ulet kalah dari Uler. Tapi, kalo dari pandangan gua liat info di Tipi-tipi, gua lebih geli sama Ulet, disamping doi berbulu dan biasanya mengeluarkan serangan secara udara yang bisa membuat manusia jadi gatel-gatel kulitnya. ‘Wah, Hebat superhero yang satu ini!’
Anehnya, Ulet dapat menyerang dengan seribu pasukan,’Biasanya?!’ soalnya dia kan termasuk hewan berregu, beda sama Uler yang termasuk tipikal individual. ‘Haha, pasti menang nih Ulet!’ (kok gua jadi dukung Ulet sih??) tapi, dari semua itu dimana-mana manusia pasti lebih dukung Uler daripada Ulet. Karena ukuran tubuh Uler lebih gede kali daripada Ulet.
Gua: ‘Menurut loe bakalan menang siapa nih feb ?’
Feby: ‘Kayaknya sih Uler dah, kan Uler gede soalnya.’
Arip: ‘Ya gak juga kale, bisa aja menang Ulet, soalnya kan Ulet nyerangnya banyakan gak kayak Uler Olangan (translate:sendirian).
Yah, untuk kali ini mungkin teori Arip bener. Emang Ulet tuh kalo nyerang mirip-mirip perang salib zaman dahulu, Doi nyerangnya keroyokan Men! Dengan sedikit sadis dan Anarkis menurut gua. ‘hahhaa!’
Emang sih dari semua serangan Ulet, mungkin Uler bisa kalah, apalagi kemaren gua liat berita di Tipi (sebut TV) kalo ternyata di Indonesia juga ada manusia yang biasa di sebut “Ratu Ulet”. Wah, waktu pertama gua liat sih rada aneh juga tuh berita. Tapi, jangan mikir aneh dulu Men (Ntar, loe pikir ada lagi “Ratu Ulet” yang benernya,’Bukan!’ Ratu Ulet disini maksudnya Ibu-ibu yang suka main sama Ulet). ‘Huffth..!!’ kalo gitu kayaknya gak mengherankan, tapi asal loe tahu semua, nih Ibu-ibu udah maenan sama Ulet Berbulu dari kecil umur 6th kalo gak salah! PARAH!, makanya ga aneh kalo dia di bilang “Ratu Ulet!”
Setelah gua pikir-pikir kalo Ulet punya Ratu, apa Uler juga punya Ratu?? Tapi, kayaknya sih gak ada mamen, soalnya kan gak ada yang tahan sama gigitan Uler, Kayak Ratu Ulet yang tahan gak gatel-gatel sama Ulet Berbulu. ‘Yaps, itu loe tahu ngapain nanya ?’ (Aneh juga nih Penulis ??, Ups!)
Ada satu permasalahan nih, dan ini mungkin yang jadi pertanyaan dari Pembaca sekalian (Ciee!). ‘Kenapa Uler berbisa harus berantem sama Ulet berbulu?’ ‘Dalem hati sih gua pengen banget jawab nih pertanyaan!’ karena kalo gua liat-liat Uler sama Ulet, memiliki kesepadanan kata yang mirip banget (kata dosen Bahasa Indonesia gua), dan menurut gua kayaknya bakalan seru kalo Uler bisa berantem lawan Ulet. Tapi, tahu dah siapa yang menang, who knows?
‘Kenapa gak Uler berbisa lawan Kelelawar bertaring?’ kata Niko temen gua.
‘Gak seru Ko, dan pastinya gak ada mirip-miripnya tuh Uler sama Kelelawar!’
‘Ohh, Iya yah!’ (Niko nerima dengan PASRAH).
Gak lama dari pembicaraan gua dengan Feby soal Uler berbisa Vs Ulet berbulu, gua baru inget kata guru biologi gua waktu sma, ternyata Uler sama Ulet itu mempunyai karakteristik yang mirip alias sama banget, kayak Manusia yang punya karakteristik mirip Monyet. He’eh bener juga sih kata guru biologi gua dulu, dari bentuknya aja agak-agak mirip, cuman beda dari jenis kulit kayaknya, kalo Uler kulitnya agak licin, Nah Ulet kulitnya berbulu.
‘Udah, daripada loe mikirin pertarungan antara Uler dan Ulet yang gak berujung mending loe maen PES bareng gua.’ Kata Arip.
‘Ahh, gua rada males Rip, kalo maen bareng loe pasti kalah trus loenya, gak ada kemajuan sih loe maennya.’
‘Jiaahhh, enak aja loe. Ayok! Maen sekarang, gua bantai loe (seakan-akan Arip bisa bantai gua 5-0, yang sepertinya tidak mungkin).’
‘Ayok dah! Kalo loe nantangin gua.’
Pertandingan pertama antara gua lawan Arip pun dimulai dengan penuh keheningan, karena selaen gua males maen PES trus capek baru pulang kuliah, babak pertama gua ngalah 1-0 dari Arip. Dan doi kayaknya dah seneng banget bisa ngalahin gua di babak pertama 1-0.
‘Mampus loe Zor, kalo udah kalah 1-0 bisa dicerita-ceritain tuh kekalahan loe ke anak-anak kelas sama Arip.’ Kata Feby.
‘Iya nih, bisa kacau urusan kalo gini, bisa malu banget gua di kelas.’
‘Ya, gak sampe segitunya kale gua ke loe Zor.’ Kata Arip.
‘Liat aja babak kedua feb, gua kalahin nih si cupu!’ (gua dengan yakinnya!).
Babak kedua dimulai, eh gak lama si Arip dah ngegolin lagi ke gawang gua, alhasil tim gua kalah 2-0 di menit ke-57. Mungkin ini saatnya gua mulai memperhitungkan permainan Arip yang sedikit Alay.
‘Wah, tambah seneng aja tuh Arip, Zor. Bisa ngalahin loe 2-0’ kata Feby (Gua jadi mikir kok kayaknya ada kompor panas, lagi manasin gua di belakang?!).
‘Tenang aja Feb, gua lagi Fokus nih, pasti gua bales lagian kan masih lama maennya.’
Tiba-tiba perhatian gua teralihkan dari game PES, pas ngeliat body-nya Syahrini yang Mohay banget kayak artis India. Hampir ajah gua kehilangan control maen PES-nya, untung aja Arip gak bener tuh nendangnya.
‘Makanya loe yang serius dong maennya, ntar kalah baru tahu rasa!’ kata Arip.
‘Yaelah, kalah 2-0 dari loe mah, gua gak papa Rip, paling abis pertandingan ini juga gua bales 5-0.’
Akhirnya, gara-gara gua dah males maen sama Arip, dan gua juga gak mood maen PES-nya, gua mengalah 2-0 dari Arip.
‘Puas Loe?! Baru menang 2-0 aja udah bangganya minta ampun.’ Kata gua.
‘Hehehe, makanya jangan ngeremehin gua loe, gak tahu apa gua latihan trus maen PES.’
‘Iya-iya Rip, baru menang sekali aja, BELAGU banget!’

       Balik lagi ke urusan Uler, akhir-akhir ini gua sering baca dari internet kalo ternyata Uler itu mamalia (mamanya Lia yang mana nih?) maksudnya Uler tuh mirip-mirip manusia dalam reproduksinya, Ya you Know lah. Gua mulai berpikir, gimana kalo nanti Uler itu melahirkan terus punya anak. Nah, nyusuin Ulernya gimana tuh ? (no explain). Dari info and ke-sotoy-an gua, akhirnya gua tahu kalo Uler sering luluran, makanya gak aneh kalo kulitnya suka ganti-ganti (Hah, Iya gitu?), emang sih gak ada yang ngasi tahu ke gua, kenapa Uler suka gonta-ganti kulit, mungkin bosen kale ya pake baju Item ato gak kuning, pengen yang lebih macho kali, pake biru atau hijau tosca. WTF! (What The Fuck!)
          Tapi, dari perkelahian Uler atau pun Ulet gua gak pernah ngeliat Uler ganti kulitnya pas berantem sama Ulet, ‘Malu kali ya, takut di intip Ulet.’  Lagian gua juga gak pernah liat Ulet ganti kulit, kenapa tuh? Ohh, mungkin karena Ulet kulitnya berbulu, jadi dia gak perlu ganti kulit, kan bulunya sudah mendukung kefleksibelan dia.
          Dulu ada yang bilang (gak tahu siapa) kalo Uler yang sering ganti kulit, gara-gara dia abis bersenggama, jadi kayak mandi wajibnya gitu lah. Tapi, ada juga yang bilang (dan sekali lagi gak tahu siapa) kalo Uler ganti kulit gara-gara umurnya bertambah (jadi, kalo Ultah tuh Uler langsung ganti kulit). Gua jadi ngebayangin gimana kalo Uler yang udah tua, pasti tuh Uler udah sering ganti kulit, sampe-sampe kulitnya kisut semua kayak aki-aki.
          Pernyataan gua barusan bikin penasaran diri gua sendiri. Yaps, gimana caranya Uler bersenggama ? apa dia ngadain Prom Night dulu trus bersenggama (kayak film-film America). Atau dia ada musim-musimnya gitu, kalo lagi musim kawin, ya mereka kawin deh (pantesan si toyib kemaren kawin lagi, orang lagi musim kawin). Wuahh, lucu kali ya kalo bisa ngeliat Uler kawin, jadi kayak ngeliat pohon dempet, padahal tuh aslinya Uler lagi kawin.
          Beda lagi, sama Ulet. Nah, gua kagak tahu tuh gimana caranya kok Ulet sekali ngelahirin, anaknya bisa sampe ribuan (kuat banget kali ya Ulet yang jantan, jadi kasian sama Ulet betina). Selidik punya selidik, ternyata Ulet gak cuman pas perang aja keroyokannya, pas musim kawin juga keroyokan (sekali lagi jadi kasian sama Ulet Betina). Pantes aja fenomena Ulet berbulu ribuan di Indonesia kemaren, jadi berita paling Hot di bumi Indonesia, ternyata latar belakangnya adalah pengeroyokan ribuan Ulet Jantan ke Ulet Betina (dan untuk yang terakhir kalinya, jadi kasian sama Ulet betina).