Fenomena “Kota Jakarta” #Part 2

Nah, kali ini gua berusaha untuk melanjutkan cerita gua tentang fenomena “Kota Jakarta”. Banyak yang bilang kalo Kota Jakarta adalah pusat perekonomiannya orang Indonesia (gak tahu juga siapa yang bilang). Hal ini menunjukkan kalo Jakarta selain jadi Ibukota Indonesia, juga jadi panutan bagi seluruh daerah ato Provinsi di Indonesia. Jakarta itu seharusnya bisa jadi Kota yang “Nyaman” bagi semua masyarakat Indonesia, biar dibilang orang jawa,’Wes, tahu neng Jakarta rung?’ Wuuaapik tenan kotane.’ (Keren kan)
Jakarta, juga seharusnya jadi symbol keamanan dan kenyamanan bagi semua pihak, terutama buat orang pendatang yang iseng jalan-jalan ke Jakarta. Jangan kayak gini:
‘Pak, mau Tanya kalo ke Jagakarsa, Jakarta selatan. Naik apa ya dari sini?’ gua nanya ke sopir taksi yang lagi ngemil gorengan.
‘Apa?’ sopir taksi ngejawab seenaknya, kayak gak dengerin gua.
‘Iya pak, kalo mau ke jagakarsa dari sini (Ragunan) naek apa?’ gua nanya masih dalam konteks “SABAR”
‘Wah, gak tahu saya!’ sopir taksi ngejawab, seenaknya sambil mencibir.
Dan gua masi sabar tingkat ‘Gondok!’ nanya ke sopir taksi,’Kalo naik taksi kira-kira berapa pak?’
‘Paling 50ribu!’ ngejawabnya masih mencibir sambil makan gorengan.
Dari lubuk hati gua yang paling dalem, pengen banget gua Jitak tuh orang, trus gua tarik bibirnya biar mancung kayak Omas, gua tonjok-tonjokin idungnya biar pesek kayak Sule, gua tendang badannya trus gua masukin ke gawang (sebut,’Tong Sampah!’)
‘Gila Ya!’ orang Jakarta gak ada yang lebih JUTEK dari tuh orang ya?, norak abis tuh sopir taksi, gua doain (doa yang jelek) kagak bakal dapet penumpang tuh diye hari ini. ‘Mampus!’ (gua puas, nyemprotin kekesalan sama ludah gua ke muka Arip).
‘Sabar Zor, kali aja tuh sopir taksi lagi gak mood jadi males ngejawab pertanyaan loe.’ Jawab Arip sambil bersihin bekas ludah gua di mukanya.
Akhirnya dari Ragunan situ gua langsung naek Taksi, dan tentunya gua kali ini nyari taksi yang agak ramahan sama gua, kalo jutek lagi males gua naek tuh taksi.
Setelah kurang lebih ½ jam dan kira-kira ngeberentiin 4 taksi, gua akhirnya ketemu juga sama sopir taksi yang ramah dan baek ngejawab pertanyaan gua.
‘Bang, kalo ke Jagakarsa tahu gak?’
‘Tahu dek, tapi alamatnya ada gak? Biar nanti dicariin sama saya.’
‘Ada pak, tapi pake argo aja ya, takutnya tinggal dikit lagi dari sini.’
‘Oh, iya gak apa-apa. Ayok?’ jawab supir taksi sambil senyum, sepintas gua liat nih supir taksi mirip ”Bajaj Bajuri” dah.
‘Huffthh.’ Setelah ½ jam gua nunggu, akhirnya ketemu juga orang yang ramah di Jakarta. Jadi pengen nyanyi “senyum semangatnya SM*SH” di dalam Taksi, tapi gak ahh! Takut dibilang Alayers  sama sopir taksi.
Ya tahu sendiri lah, sampe Jakarta bingung dengan perubahan tatanan Kota Halaman gua ini, ngebuat gua ngerasa di planet antah-berantah. Satu-satunya jalan gua gak nyasar ketempat tujuan gua ya,’Nanya?’ tapi dari semua pertanyaan yang gua tanyain setiap orang di Jakarta, mereka yang ngejawab dengan ketus dan seenaknya hampir 60%. Emangnya gua salah ya kalo banyak tanya, bukannya kalo banyak tanya itu makin bagus, kan ada pepatahnya tuh,’Mending banyak Tanya, daripada sesat di jalan.’ Gitu ya? Gak tahu deh, gua lupa lagi pepatahnya.
Bahasa loe-gue, mungkin udah biasa di telinga gua, tapi gimana kalo di telinganya orang Papua yang baru bisa bahasa Indonesia (bakalan aneh dah dengernya), ‘Ngaco abis!’ jadi, waktu itu kejadiannya gini: “ada Mas-mas nanya ke ibu-ibu yang ngejual ketoprak deket ragunan, kayaknya sih si Mas ini, pengen nganter barang tapi gak tahu jalan, ke alamatnya yang mau di antar tuh barang.
‘Bu, kalo ke jalan ini … dari sini kemana ya?’ Tanya mas-mas.
‘Oh, itu deket dari sini tinggal lurus trus belok kiri.’ Jawab si ibu dengan ramah.
‘Ohh, gitu ya bu!’
Inti dari masalah di atas sebenernya ada pada si Mas-mas, karena dia gak percaya sama si ibu penjual ketoprak, malahan dia nanya ke orang lain, spontan hal kayak gini, ngebuat si ibu ngerasa sebel dan pengen jemek-jemek tuh kepala si mas-mas. (ketidakpercayaan mendatangkan masalah!)
Banyak orang nanya jalan tapi gak percaya sama yang di Tanya, ya pantesan orang pada sebel, gua juga sebel kalo digituin, masih untung di jawab, ntar gua cuekin kayak sopir taksi baru tahu rasa loe.
Gak ada yang salah dengan yang di Tanya, apalagi sama yang nanya, intinya kita sebagai masyarakat yang baik wajib dong, memperhatikan satu sama lain.
Semoga dengan tulisan ini, kita bisa menjadi masyarakat yang lebih bermasyarakat, Nah? Bingung kan loe, gua aja bingung yang nulis. Yang penting jangan sombong sama orang lain, toh, kita juga sama-sama makhluk ciptaan Tuhan. ‘Ya nggak?’ iya dong, awas kalo nggak.
Coba di contoh, kayak temen cewek gua di Jakarta, dia rela malem-malem nemenin tiga perjaka yang lagi ngadu nasib di Jakarta. Dari mulai ngetemuin gue sampe nyariin gua hotel yang tadinya gak punya duit buat nginep di hotel. Dalam hal ini, gua TERPAKSA!, BANGET.
Moga tulisan di blog gua ini bisa ngasi gambaran kalo hidup di Jakarta ternyata SULIT. Yang penting tetap  bin selalu “Senyum Semangat” *gaya SM*SH