Banyak Cerita = Banyak Omong.

    "Yaelah Loe, Mau nyontek aja Malu-malu!" kata temen gua, yang waktu UAS lagi nyontek Massal.. Hahaha..
      Nyontek Massal, mungkin udah jadi bahasan paling penting di negeri Indonesia, sejak kasusnya anak SD ngadain nyontek massal waktu UAN. PARAHH!!!
      Udah dari dulu sebenernya, budaya contek-mencontek dikalangan remaja indonesia. kalo kata temen gua sih,'Ulangan enaknya sih Nyontek!' (gak bener banget nih temen gua, *pukul bahu). Kalo menurut gua sendiri, ini budaya harus di ilangin dari permukaan bumi Indonesia, apalagi di dunia pendidikan (sok bener nih gua).
      Kalo kata guru gua dulu,'Nyontek sama aja kayak ngeboong, Nipu diri sendiri dan semacamnya lah!' padahal guru gua harusnya tahu, kalo dia ngomong gitu juga gak bakalan didengerin sama muridnya, yang ada muridnya malah tambah gencar buat cari cara-cara baru Nyontek.
      Waktu Jaman gua banyak banget teknik mencontek, kayak waktu gua SMP, anak-anak kelas gua nyonteknya pake kertas yang di bagi-bagiin ke anak yang lain (sms by Paper), trus ada juga yang pake teknik "Lempar batu sembunyi tangan", tapi yang di lempar bukan batu melainkan Kertas (ciee, bahasa ilmiah gua keluar deh) soalnya kata temen gua kalo pake batu kan bakalan bunyi, dan kalo udah bunyi pasti kan di tanyain sama guru.
'Mal, itu bunyi apa ya dibelakang? berisik banget.' 
'Trus temen gua jawab,'Gak ada apa-apa kok bu, cuman saya tadi KENTUT dikit.' (keren, bisa jujur juga).
      Beda lagi sama Zaman gua SMA, temen-temen SMA gua lebih kreatif dan gak jujur kayak temen gua SMP. Temen-temen SMA gua,'Nyonteknya kerjasama, Men!' contohnya nih, waktu gua baru dateng kekelas, gua kaget kalo tuh guru langsung ngadain UTT(Ujian Tiba-tiba) yang ngebuat seisi kelas gua TERIAK, gak percaya.
        'Hah, kok udah Ulangan aja bu?' 
        Trus dengan rasa tidak bersalah sama sekali bu guru gua jawab,'Ya abisnya kan materi udah abis!'
        'Tapi, kan bisa nanti Ulangannya Bu?'
        dan guru gua Jawab,'Hah! pokoknya ibu mau sekarang! (seisi kelas diam semua).
belakangan gua baru tahu kalo ternyata, bu guru gua lagi ngidam ngadain Ulangan. Jadi semua kelas yang ada mata pelajaran dia, hari itu juga ULANGAN, (sakit nih guru!), kalo tahu tuh bu guru lagi ngidam Ulangan, gua gak bakal masuk hari itu. Hufftt..! 
      Kayak yang gua bilang barusan, biar Ulangan dadakan, kelas gua tetep kompak buat nyontek bareng, awalnya sih dari salah satu anak kelas gua yang dipandang pinter, sama anak yang lain (perlu dibudayakan nih anak pinter kayak gini). Selaen pinter, temen gua yang satu ini juga pinter bikin strategi nyontek. 'Tim nyontek mulai dibuat!'
      Karyanto (si anak pinter): 'jadi, gini guys, ntar kalo gua udah selesai, gua bakal ijin ke WC dan  naro jawaban gua di atas tempat tisu toilet. Nanti tinggal loe ambil deh tuh jawaban, gimana?'
      Gua : 'Wuihh, keren To! nanti biar Rama yang ngambil tuh jawaban di WC.'
      Rama: 'Oke deh Yo, asal jangan lama-lama loe To ke WCnya, ntar kita bingung belum ngerjain.'
      Karyanto: 'Siap Ma, gua cepet kok ngerjainnya.'
      'Sip, rapat selesai!'
      'Akhirnya ujian pun dimulai.'
Pas selesai bu guru ngebacain soal, kita "Tim Nyontek" nyantai-nyantai leha-leha, kayak di tepi sawah. ya maksudnya kita kan tinggal nungguin jawabannya Karyanto jadi nyantai gini bray.
      Sekitar setengah jam sebelum waktu ulangan selesai, Karyanto mulai ijin ke bu guru buat ke WC. Kita semua pada ngeliat waktu Karyanto pergi ke WC, ini menandakan kita harus siap-siap nulis ngebut, supaya Ulangan berhasil dengan nilai GEDE. hahaha..
      'Ma, siap-siap loe, doi udah ke WC tuh.' kata gue mensupport Rama yang udah ready kayak lari  Estafet.
      'Iya, yok. Gua udah Ready, menyambut tuh contekan.
Gak lama, Karyanto selesai dari WC, dan langsung Rama ke WC saat itu juga. Sekitar 5 menitan Rama udah balik dan pastinya doi udah dapet tuh contekan.
      'Gimana Ma? mana contekannya?' kata gue, yang pengen ngebut nulis tuh jawaban.
      'Nyantai Yok, ini nih. Cepetan nulisnya, yang laen belum kebagian.'
      Kira-kira sepuluh menitan gua nulis, dan SELESAI. Kayak film-film Olahraga yang udah dapet medali Emas, gua ngerasa udah kayak menang Piala Champions ajah, ngeliat orang pada tepuktangan ke gua dan tim nyontek (Lebay abiss).
      Dari cerita gua itu, mungkin kita bisa memandang, kalo ternyata nyontek ada benernya juga, apalagi kalo bisa membantu kaum fakir miskin yang punya otak terbatas kayak gua, Rama dan Tim Nyontek di kelas gua. Setidaknya, hal yang kayak gini yang ngebuat persaudaraan kita di kelas makin lengket, kayak Lem UHU.
sekian dan terimakasih, POSTING END

#Lho, kok gak nyambung sama judul yaa?!
#Tahu deh. Maksud gua 'Kalo mau nyontek, gak usah banyak cerita = banyak omong. Gituw!'