Nice Blogger

        Sore ini gua bingung, Kenapa blog gua gak bisa kebuka? kata temen blogger gua. Padahal dari kemaren gua gak pernah ngutak-atik tuh blog, bikin postingan baru aja gak sempet, secara! Gua kemaren baru travelling lagi ke Jakarta.
         Dari kasus temen gua ini, gua mikir jangan-jangan blog gua di phising ato di cracking, mungkin karena password gua yang kegampangan buat di baca. (Naluri anak teknik gua keluar Khan! Kacau kalo gini, mulai deh SOTOYnya). “EH, taunya bukan deng!” gak tahu tuh kenapa gak bisa kebuka sama temen gua.
      ‘Gua ketagihan (keranjingan) ngirim naskah buku ke Jakarta?’ apalagi kemaren gua ke Jakarta naik motor, wuiihh seru ternyata Man. Gak cuman bisa ngeliat hal-hal aneh diluar sana, tapi juga bisa ngeliat kejadian-kejadian konyol, Yang ngebuat gua ketawa ngakak abis. Apalagi pas security di kantor penerbitan, memotivasi gua,”Kalo sering ngirim naskah, pasti nanti ada yang di terima dan di terbitin mas?” spontan gua SENENG banget, denger nih ucapan dari si security. Kayaknya nih security sering ikut seminarnya “Mario Teguh” dah. ‘SUPERR!
      Pertamanya gua nemu ide buat nulis buku dari postingan blog gua, yang udah hampir berjubel (kayak kertas berserakan). Dari ide ini gua berniat nyetak nih blog jadi sesuatu yang berguna buat orang lain, “Daripada nyampah di dunia maya, Hayo?”
        Semakin hari makin banyak blogger yang follow blog gua, ada yang comment bagus dan ada juga yang lebih bagus dengan bahasa konyol yang semakin gua ngerti ternyata tuh bahasa ngejek gua secara HALUS. Untungnya gua bukan makhluk Halus, jadi gua cuekin aja tuh comment, tapi thanks tuk masukannya Sob.
      Buat para blogger, yang belum masuk daftar inceran gua untuk di kata-katain. Silahkan nulis di guest book gua. Semoga gua bisa ngejek loe-loe pake bahaasa yang loe pada ngerti. Hahaha!

Fenomena “Kota Jakarta” #Part 2

Nah, kali ini gua berusaha untuk melanjutkan cerita gua tentang fenomena “Kota Jakarta”. Banyak yang bilang kalo Kota Jakarta adalah pusat perekonomiannya orang Indonesia (gak tahu juga siapa yang bilang). Hal ini menunjukkan kalo Jakarta selain jadi Ibukota Indonesia, juga jadi panutan bagi seluruh daerah ato Provinsi di Indonesia. Jakarta itu seharusnya bisa jadi Kota yang “Nyaman” bagi semua masyarakat Indonesia, biar dibilang orang jawa,’Wes, tahu neng Jakarta rung?’ Wuuaapik tenan kotane.’ (Keren kan)
Jakarta, juga seharusnya jadi symbol keamanan dan kenyamanan bagi semua pihak, terutama buat orang pendatang yang iseng jalan-jalan ke Jakarta. Jangan kayak gini:
‘Pak, mau Tanya kalo ke Jagakarsa, Jakarta selatan. Naik apa ya dari sini?’ gua nanya ke sopir taksi yang lagi ngemil gorengan.
‘Apa?’ sopir taksi ngejawab seenaknya, kayak gak dengerin gua.
‘Iya pak, kalo mau ke jagakarsa dari sini (Ragunan) naek apa?’ gua nanya masih dalam konteks “SABAR”
‘Wah, gak tahu saya!’ sopir taksi ngejawab, seenaknya sambil mencibir.
Dan gua masi sabar tingkat ‘Gondok!’ nanya ke sopir taksi,’Kalo naik taksi kira-kira berapa pak?’
‘Paling 50ribu!’ ngejawabnya masih mencibir sambil makan gorengan.
Dari lubuk hati gua yang paling dalem, pengen banget gua Jitak tuh orang, trus gua tarik bibirnya biar mancung kayak Omas, gua tonjok-tonjokin idungnya biar pesek kayak Sule, gua tendang badannya trus gua masukin ke gawang (sebut,’Tong Sampah!’)
‘Gila Ya!’ orang Jakarta gak ada yang lebih JUTEK dari tuh orang ya?, norak abis tuh sopir taksi, gua doain (doa yang jelek) kagak bakal dapet penumpang tuh diye hari ini. ‘Mampus!’ (gua puas, nyemprotin kekesalan sama ludah gua ke muka Arip).
‘Sabar Zor, kali aja tuh sopir taksi lagi gak mood jadi males ngejawab pertanyaan loe.’ Jawab Arip sambil bersihin bekas ludah gua di mukanya.
Akhirnya dari Ragunan situ gua langsung naek Taksi, dan tentunya gua kali ini nyari taksi yang agak ramahan sama gua, kalo jutek lagi males gua naek tuh taksi.
Setelah kurang lebih ½ jam dan kira-kira ngeberentiin 4 taksi, gua akhirnya ketemu juga sama sopir taksi yang ramah dan baek ngejawab pertanyaan gua.
‘Bang, kalo ke Jagakarsa tahu gak?’
‘Tahu dek, tapi alamatnya ada gak? Biar nanti dicariin sama saya.’
‘Ada pak, tapi pake argo aja ya, takutnya tinggal dikit lagi dari sini.’
‘Oh, iya gak apa-apa. Ayok?’ jawab supir taksi sambil senyum, sepintas gua liat nih supir taksi mirip ”Bajaj Bajuri” dah.
‘Huffthh.’ Setelah ½ jam gua nunggu, akhirnya ketemu juga orang yang ramah di Jakarta. Jadi pengen nyanyi “senyum semangatnya SM*SH” di dalam Taksi, tapi gak ahh! Takut dibilang Alayers  sama sopir taksi.
Ya tahu sendiri lah, sampe Jakarta bingung dengan perubahan tatanan Kota Halaman gua ini, ngebuat gua ngerasa di planet antah-berantah. Satu-satunya jalan gua gak nyasar ketempat tujuan gua ya,’Nanya?’ tapi dari semua pertanyaan yang gua tanyain setiap orang di Jakarta, mereka yang ngejawab dengan ketus dan seenaknya hampir 60%. Emangnya gua salah ya kalo banyak tanya, bukannya kalo banyak tanya itu makin bagus, kan ada pepatahnya tuh,’Mending banyak Tanya, daripada sesat di jalan.’ Gitu ya? Gak tahu deh, gua lupa lagi pepatahnya.
Bahasa loe-gue, mungkin udah biasa di telinga gua, tapi gimana kalo di telinganya orang Papua yang baru bisa bahasa Indonesia (bakalan aneh dah dengernya), ‘Ngaco abis!’ jadi, waktu itu kejadiannya gini: “ada Mas-mas nanya ke ibu-ibu yang ngejual ketoprak deket ragunan, kayaknya sih si Mas ini, pengen nganter barang tapi gak tahu jalan, ke alamatnya yang mau di antar tuh barang.
‘Bu, kalo ke jalan ini … dari sini kemana ya?’ Tanya mas-mas.
‘Oh, itu deket dari sini tinggal lurus trus belok kiri.’ Jawab si ibu dengan ramah.
‘Ohh, gitu ya bu!’
Inti dari masalah di atas sebenernya ada pada si Mas-mas, karena dia gak percaya sama si ibu penjual ketoprak, malahan dia nanya ke orang lain, spontan hal kayak gini, ngebuat si ibu ngerasa sebel dan pengen jemek-jemek tuh kepala si mas-mas. (ketidakpercayaan mendatangkan masalah!)
Banyak orang nanya jalan tapi gak percaya sama yang di Tanya, ya pantesan orang pada sebel, gua juga sebel kalo digituin, masih untung di jawab, ntar gua cuekin kayak sopir taksi baru tahu rasa loe.
Gak ada yang salah dengan yang di Tanya, apalagi sama yang nanya, intinya kita sebagai masyarakat yang baik wajib dong, memperhatikan satu sama lain.
Semoga dengan tulisan ini, kita bisa menjadi masyarakat yang lebih bermasyarakat, Nah? Bingung kan loe, gua aja bingung yang nulis. Yang penting jangan sombong sama orang lain, toh, kita juga sama-sama makhluk ciptaan Tuhan. ‘Ya nggak?’ iya dong, awas kalo nggak.
Coba di contoh, kayak temen cewek gua di Jakarta, dia rela malem-malem nemenin tiga perjaka yang lagi ngadu nasib di Jakarta. Dari mulai ngetemuin gue sampe nyariin gua hotel yang tadinya gak punya duit buat nginep di hotel. Dalam hal ini, gua TERPAKSA!, BANGET.
Moga tulisan di blog gua ini bisa ngasi gambaran kalo hidup di Jakarta ternyata SULIT. Yang penting tetap  bin selalu “Senyum Semangat” *gaya SM*SH

Fenomena “Kota Jakarta”

Sore ini, gua duduk depan komputer ditemenin sama kopi, berusaha ngebuat otak gua yang pas-pasan melahirkan karyanya lagi, yang terbilang konyol.
Gua nulis judul ini, karena gua ngeliat banyak banget perubahan dari kota Jakarta, tempat kelahiran gua. Gua ngerasain perubahan ini, karena kemaren gua baru aja dari Jakarta, yang di bilang kota metropolitan ini.
Gua banyak banget ngeliat perubahan dari kota halaman gua ini (kebalikan dari kampung halaman, karena gua rasa Jakarta adalah sebuah kota bukan “Kampung!”). Dulu banget waktu SD, gua kenal Jakarta itu adem (kayak Bandung sekarang), tiap pagi mau berangkat sekolah, gua ngerasa kedinginan karena harus naek angkot yang rata-rata speednya 60km/jam (udah serasa naek Roller Coaster Jet).
          ‘Bang, bisa pelan sedikit gak sih?’ kata nyokap gua sambil megangin gua.
          ‘Yah, bu. Saya lagi kejar setoran nih!’ jawab sopir angkot.
        ‘YA! Tapi, pelan dikit dong, ini kan Rame, ntar kalo jatoh gimana?’ jawaban nyokap gua makin kenceng.
          Dan seketika itu mulai terdengar suara-suara aneh,
’Ya betul-betul, pelanin dikit dong bang!’
Yang gua tahu kalo itu adalah suara dari penumpang yang bernasib sama kayak gua dan nyokap gua.
‘Iya, saya pelanin. Lagian juga macet Bu!’ jawab sopir angkot dengan tenangnya.
Dari SD kelas satu sampe SD kelas 3, gua dianter nyokap gua buat berangkat sekolah. Gua jadi inget, waktu telat berangkat sekolah, nyokap gua megangin tangan gua, tangan kakak gua sama tangan adek gua, kayak nenteng belanjaan dari pasar,’buru-buru banget!’ kata nyokap gua sih,’Ntar gak enak kalo telat sama ibu gurunya?’ belakangan, gua tahu kalo nyokap gua ngomong gitu, karena nyokap gua ternyata arisan sama ibu guru gua (dalam rangka menyejahterakan kehidupan ekonomi bersama, kayaknya).
Mulai kelas 4 SD gua dianter Bokap pake mobil, dan hal ini berlangsung kurang lebih 2 tahunan. Dan singkatnya, pas mau naik kelas 6 SD gua berangkat sendiri dari rumah ke sekolahan gua yang jaraknya bisa 80kilometer lebih. Tentu saja naek angkot yang  speednya diatas 60km/jam, karena udah sering jadi gua ngerasa nyantai aja naek tuh Roller Coaster.
Sekarang Jakarta berubah Man, yang tadinya gak ada gedung-gedung gede, sekarang ada. Yang tadinya gak ada jalan layang  SUPER GEDE, sekarang ada. Hal ini yang ngebuat gua bingung dengan aliran jalan di Jakarta. Dulu, kalo gua mau berangkat sekolah gua tinggal naek 2 angkot aja, tapi pas gua muter-muter Jakarta kemaren, itu mulai beda. Tadinya, tuh jalanan angkot kecil, tahu-tahu ada jalan layang diatasnya. ‘Bingung Gua!’
Orang-orang di Jakarta, juga keliatan beda sekarang. Sekarang orang di Jakarta udah kayak orang-orang di Newyork yang punya rush hour (bukannya film Jackie Chan lho, tapi Jam sibuk). Pagi-pagi, orang udah lalu-lalang lari-larian buat nyampe kantor dan kerja. Beda banget sama Jakarta tempo dulu, orang Jakarta gak ada yang sesibuk itu. “Luar biasa!”
Karena gua ke Jakarta pengen nganterin naskah buku, tepatnya di daerah Jakarta selatan, gua gak sengaja mampir ke Ragunan (disini bukannya gua pengen ngeliat sodara gua, tapi gua terdampar disini abis naek busway). Ragunan, yang dulu gua sering banget kesana bareng nyokap, udah berubah banget, tadinya gak ada shelter busway, sekarang ada. Hal sekecil ini pun bikin gua bingung dengan jalanan di kota Jakarta. Padahal dulu gua inget banget kalo mau ke Ragunan dari rumah nenek gua cuman naek satu angkot (tapi, kayaknya jalur angkotnya juga udah berubah!). ‘SIAL!’
Selain orang Jakarta yang kepalang sibuk ngejar Job disana-sini, polusi kota Jakarta juga semakin banyak dimana-mana, makanya gua baru liat dari sini kalo orang Jakarta mulai banyak yang make cadar (Masker), yang kegunaannya, So pasti untuk terhindar dari polusi dan udara yang kurang bagus di Jakarta.
Banyak sih, perubahan dan fenomena aneh di Jakarta, semenjak gua tinggalin tuh kota selama 9tahun lebih. Tapi, ya gua gak bisa ceritain dari sini, bakal kebanyakan soalnya.

Gombal Banget

       Gombal ato ngeGombal tepatnya, adalah satu kata yang paling di gemari sama kaum Adam, gimana nggak! Hampir semua kaum Adam yang lagi PeDeKaTe sama cewek, pasti ngelakuin hal yang satu ini. Kata orang,’banyak cara buat ngegombal.’ Mulai dari ngasi hadiah, bikini tuh cewek surat, sampe copypaste kata-kata dari internet. Semuanya di lakuin hanya untuk membuat kaum Hawa terpedaya dengan rayuan gombal si pria.
      Kata salah satu followers gua di twitter,’cewek suka banget dengan kenyataan yang dibalut dengan kebohongan!’ yang menurut gua, itu adalah definisi dari Gombal itu sendiri.
         Sebagian cewek bilang gak suka sama cowok yang suka Ngegombal, tapi gak suka disini, bisa di bilang merupakan kebutuhan bagi si cewek, ibaratnya kata-kata Gombal adalah vitamin bagi hati si cewek. ‘Pastinya!’ So, ini cuman vitamin (suplemen) yang dibutuhkan Hati seorang cewek. (Penting Kan?).
      Sebagian cowok yang gak bisa ngegombalin cewek, selalu bilang ke cowok yang bisa ngegombalin cewek dengan sebutan “GOMBALERS.” Gak ada yang salah dengan sebutan itu, asal salah satu pihak tidak merasa dirugikan aja.


Oke, sekarang kita bisa lihat salah satu GOMBALERS terbaik menurut gua:
   
                ‘Aneh ya? jalan-jalan sama kamu kayak jalan sama Artis, banyak yang ngeliatin.’ (maksudnya, sicewek di gombalin mirip Artis).
                ‘Gak ada hal yang lebih seru, daripada berpetualang bersamamu.’ (Boong, kalo cewek gak Kelepek-klepek denger nih ucapan).
                ‘Dari semua jurusan kereta. Aku paling seneng jurusan ke Hatimu.’ (Wow, so sweet dah!)
                ‘Jalan-jalan ke Malang dari Jakarta, Eh Ternyata kamu ngikutin aku dari Belakang.’ (hahaha)
                ‘Hatimu kemana sih? Jalan-jalan terus. Udah di tungguin Hatiku dari tadi juga.’ (MANTAP!)
DAN YANG TERAKHIR.
Waktu naek kreta ke bandung,
co : mbak, jangan pegangan sama besi kereta..
ce : loh..emang kenapa....?
co : kayaknya besinya kotor tuh..pegangan sama aku aja.. (Huahaha,, keren abis)

#tahu gak siapa yang ngebuat gombalan diatas? 'Hehe, tidak lain dan tidak bukan adalah "GUA!"         

10 Faktanya Gue

'Apa Ya?' Kata ini yang keluar dari mulut gua (yang bau), abis ngebaca postingan blog temen gua si Feby Upil. Anehnya, udah si Upil terinspirasi dari temennya di blog, eh dia bikin postingan mirip tuh temennya (kreatif banget copasnya, tapi perlu di biakkan sih).
          Gak kalah hebat sama si Upil, gua juga punya 10 fakta yang ngebuat diri gua "ada" di dunia Blogger. Tapi, karena 10 Fakta ini dari pandangan gue sendiri, Maap-maap kalo terlalu berlebihan gua memuji diri gue. #sleketep.
             
1.  Ganteng kayak artis Korea 
Gua bilang gini karena gua terobsesi banget sama gantengnya boyband film korea (yang sering di tonton adek gua). ‘Ya gak salah juga sih!’ secara gua punya darah Chinese atau mandarin yang ngebuat mata gua keliatan agak kecil di mata orang lain. Makanya gak aneh, kalo dari dulu temen gua suka banget ngejekin gua dengan sebutan “Si Cina Taipei” padahal gua udah bilang ke temen gua itu, kalo gua bukan dari sana.

2. Punya Otak Pas-pasan
Dibilang,’Kaumnya orang Jenius. Nggak!’ Dibilang,’Kaumnya orang Idiot, juga Nggak!’ artinya gua orang yang punya kadar Otak Pas-pasan. Kadang-kadang gua bisa ngerti semua pelajaran yang dikasih dosen/guru gua dengan cepat, tapi kadang juga nggak. Kayaknya ada yang salah dalam otak gua, yang ngebuat gua gak bisa sejenius ‘Einstein’ atau pun ngelebihin ‘Mark Zuckerberg’ (Gak mungkin! Banget.) Saking Pas-pasannya kemampuan otak gua, gua hampir bisa nulis semua hal-hal absurd disekitar gua (Efek dari Otak Pas-pasan).

3. Suka Kehidupan Nakal
‘Nakal pas muda bagus, daripada Nakal pas tua!’ kata temen gua yang sekarang udah kagak nakal lagi. Kalo kata gua sih,’Mumpung masih muda, dugem-dugem dikit lah, kan malu kalo udah Aki-aki (tua) pergi dugem malem-malem (gak malu apa sama cucu!)’ tapi dari kenakalan gua ini, gua jadi lebih mengerti, akan arti hidup dan tingkat kenalan yang kita lakuin. ‘Asal tahu batasannya ajah, Man!’

4. Ngeliat cewek dari Body & Kecantikannya ajah
Siapa coba yang gak suka sama cewek? Hampir semua “cowok normal” suka cewek. Apalagi kalo lagi nongkrong depan kampus, ketemu cewek semok bin cantik. Huffth! Jam kuliah pasti bakalan lupa, gara-gara ngeliatin tuh cewek. Dari semua cewek yang gua kenal, mereka pada bilang,’Kalo ngeliat cewek tuh jangan dari luarnya aja, tapi juga dari dalemnya.’ (innerbeauty maksudnya, bukan underwear!)

5. Addicted banget buat jadi ‘Penulis’
Mungkin karena bokap gua dulu seorang wartawan dan penulis buku, gua punya bakat menulis gua ini. Tapi, bukan Cuma gua doang, kakak gua juga penulis trus adek gua juga suka bikin tulisan (tulisan gak jelas). Dari semua tulisan gua, kebanyakan gua nyeritain hal-hal lucu di sekitar gua, termasuk cerita-cerita konyol dari imajinasi gua sendiri. Kayak ngebilang diri gua mirip Tao Ming Tse yang besar di lubang buaya. (Lubang buaya itu tempat gua besar dan lahir, lebih tepatnya daerah pondok gede Jakarta Timur).

6. Fans berat MU
MU Sejati! Disaat kalah 2 kali di liga champion lawan Barca, gua tetep dukung MU. Emang sih pas pertandingan Mu vs Barca kemaren, gua mencium bau-bau kecurangan, diantaranya: wasit yang memihak Barca, Rooney di tekel Pique di kotak pinalti, malah gak pinalti, dan banyak lagi yang lain. Tapi, biar bagaimana pun juga kita harus sportif nerima kekalahan. “Manchester United is the Best pokona mah”

7. Petualang sejati
Gua sendiri ngerasa, kalo gua itu punya karier pendidikan yang selalu pindah-pindah. Dari kecil pas balita, udah dititipin ke Padang (Sumatera Barat), trus 6 tahun SD di Jakarta (disaat ini gua mulai ngerasa, kalo gua punya darah “Jackmania”), abis SD gua moving lagi ke Yogyakarta buat sekolah “SMP”, 3 tahun di Yogya keluarga gua mau pindah lagi ke Bandung, Yang akhirnya gua tolak, dan gua nerusin SMA di Yogya. 3tahun gua merana sendirian di Yogya dan Pas lulus SMA, gua nyerah tinggal di Yogya dan pindah ke Bandung buat Kuliah.

8. Punya kebiasaan Gonta-ganti Handphone
Hal ini gua sadarin, sejak gua 3 tahun SMA di Yogya. Waktu itu gua baru punya Handphone Siemens dikasih bokap yang 2bulan kemudian gua tuker sama Nokia. Seterusnya, selama 1 tahun gua bisa gonta-ganti handphone kurang lebih 2-3 kali. Terakhir, beli Blackberry baru 2 bulan langsung gua jual.

9. Masakan Nyokap, masakan favorit gua
Hampir 3 tahun lebih selama gua nyelesein SMA di Yogya, gua cuman nyicipin masakan nyokap 2x setahun. Sedih emang, tapi mau gimana lagi, gua kan jauh di Yogya sedangkan Nyokap di Bandung.

10. Terakhir, gua orangnya setia banget.
Dari semua kisah perjalanan cinta gua dengan banyak cewek, gua ngerasa gua termasuk cowok yang setia, karena gua gak pernah yang namanya bosen sama cewek gua dan mutusin duluan tuh cewek. Kayaknya, ungkapan “Cowok setia untuk Cewek penyayang!” ada benernya juga. ‘Hahaha’